Dari yang Lezat Hingga Ekstrim, Ini 5 Menu Wajib Coba di Filipina

5 Kuliner Khas Filipina yang Mirip Hidangan Indonesia

Layaknya Indonesia, Filipina pun memiliki kekayaan kuliner yang lezat. Kuliner di Filipina memiliki rasa yang cukup eksotik, bahkan ada pula yang cenderung ekstrim. Meskipun demikian, menu-menu khas ini patut untuk Anda cicipi. Selain menikmati keindahan alam, berikut ini beberapa kuliner yang akan membuat Anda ingin stay lebih lama di Filipina.

  1. Ayam adobo

Adobo yang berasal dari bahasa Spanyol ini mencerminkan dari cara pembuatan hidangan khas Filipina satu ini. Selain ayam, menu ini juga sering dikreasikan dengan menggunakan daging babi. Daging ayam atau babi ini dibumbui atau dimarinasi dengan kecap asin dan cuka sehingga menciptakan cita rasa yang gurih asam. Namun, masing-masing restoran juga menambahkan bumbu-bumbu lain yang membuatnya lebih spesial.

  1. Kare-kare

Kare-kare adalah sup buntut sapi dengan campuran bumbu kacang, bawan merah, dan bawang putih. Hidangan ini juga memiliki banyak sekali sayur yang menemani daging sapi yang gurih kaya kaldu. Hidangan ini terkadang juga dicampuri dengan terasi dan jeruk nipis, sehingga cita rasanya begitu kuat di lidah. Lebih nikmat saat disantap saat masih hangat, kare-kare menjadi salah satu hidangan yang paling disukai oleh masyarakat Filipina. Jadi, Anda tidak akan menyesal memilih kare-kare sebagai main course Anda.

  1. Tapsilog

Tapsilog merupakan hidangan spesial untuk sarapan. Banyak masyarakat Filipina yang memilih menu ini, ditambah dengan roti atau pastry sebagai sarapannya. Tapsilog sendiri terbilang cukup lengkap untuk dikatakan sebagai menu sarapan. Hidangan ini terdiri dari daging sapi yang sudah diasapi, nasi goreng, dan telur goreng. Di beberapa tempat bahkan menu ini juga dilengkapi dengan ayam adobo atau daging babi.

  1. Balut

Beralih dari menu lezat universal, ke menu ekstrim yang menjadi primadona street food Filipina. Hidangan itu adalah balut, atau embrio bebek yang masih berkembang. Idealnya, usia embrio bebek tidak boleh melebihi 17 hari. Sebab pada usia ini, embrio bebek belum memiliki bulu, paruh, cakar, ataupun tulang. Sehingga Anda bisa menikmatinya tanpa harus khawatir menggigit tulang yang tajam.

  1. Buko pie

Apabila balut terlalu ekstrim bagi Anda, silahkan cuci mulut dengan kelezatan buko pie. Buko pie merupakan salah satu jajanan manis yang sering menjadi oleh-oleh masyarakat Filipina yang sedang berkunjung ke bagian selatan Filipina. Kini Anda tidak perlu melakukan hal yang sama, karena hidangan ini dijual di hampir seluruh kota-kota besar.

Buko pie sendiri adalah sebuah pie dengan isian custard. Custard ini sendiri terbuat dari campuran kuning telur, susu atau cream, dan gula. Namun isian dari buko pie tidak terlalu banyak menggunakan cream, tapi menggunakan kental manis. Meskipun demikian, hidangan ini tetaplah menu wajib coba untuk palate cleanser.

Apakah Anda tertarik untuk menikmati kelezatan hidangan khas Filipina di atas? Satu hal yang perlu Anda ketahui, yaitu hidangan di atas akan jaran ditemukan di Indonesia. Jadi, jangan ragu untuk mencicipi semuanya. Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin segar berkunjung ke Filipina, ada satu tips tambahan yang bisa Anda coba, yaitu Scoot menyediakan perbangan ke Manila dengan harga yang paling terjangkau. Anda jadi bisa traveling tanpa beban bila menggunakan maskapai satu ini.

shares